Sunday, July 14, 2019

Kopdar Rumah Belajar Menulis IP Batam, Nge-Blog Itu Seru !

0
Rumah Belajar Menulis IP Batam

Setelah nyaris 1 tahun, Rumah belajar (Rumbel) Menulis IP Batam akhirnya melakukan Kopi Darat (Kopdar) bertepat di rumah saya. Aah, rasanya saya lega sekali bisa melaksanakan pertemuan kali ini. Setelah sempat ditunda, akhrinya terwujud juga.

Menuju Workshop " IP Batam Menuju Blogger Profesional"

Kopdar (Sabtu/13) kemarin merupakan serangkaian acara yang akan digelar pada 3 Agustus kelak. Untuk lebih memaksimalkan workshop, kami mengadakan praworkshop guna mengenal lebih dekat dunia blog. Awalnya banyak yang mengira ngeblog itu adalah sesuatu yang ribet, terpaku pada laptop, butuh waktu khusus dll. Padahal semua itu hanya cara dan sarana. Inti nge-blog sih kemauan alias niat !

Rumbel Menulis IP Batam
Dimana Ada Niat, Disitu ada Jalan

Saya percaya sekali dengan ungkapan diatas. Niat itu merupakan booster terkuat saat ingin melakukan sesuatu. Saya terharu, saat satu persatu member mulai membuka laptopnya dan berusaha membuat blognya. Ada yang sudah punya blog namun lupa password, ada yang sudah memonitize blognya namun lupa memperpanjang domain, ada yang ingin pindah platform bahkan ada yang sama sekali belum memiliki blog. Semua duduk sama rata. Belajar bersama. Hebatnya mereka ini adalah pembelajar sejati. Usia tidak menjadi soalnya. Apapun dikerjakan dan dimulai secara perlahan.

Belajar Bareng

Pertanyaan-pertanyan bermunculan, seperti apa itu domain ? Apa itu niche blog ? Bagaimana memasang iklan di blog, bagaimana menerima endors di sosial media, bagaimana langkah awal menulis. Pertanyaan yang selama ini mengganjal, diutarakan satu persatu. Apakah saya yang menjawab setiap pertanyaan ? Oh ! Tentu tidak ! hahahaha

Fokus !

Mereka adalah pembelajar mandiri. Setiap pertanyaan kami saling diskusi untuk menemukan jawabannya. Begitupun saat proses membuat blog. Bagi yang sudah paham dan sudah selesai dengan kerjaannya, mereka membantu teman sebelahnya yang merasa kesulitan. Saya terharu, rasanya kehadiran saya hanya sebagai pelengkap.

Pesimis dengan Kemampuan Diri

Saya malu jika mengakui saya pernah pesimis saat ditunjuk menjadi koordinator Rumbel Menulis. Saya merasa minim ilmu, jauh berbeda dengan ketua sebelumnya yang merupakan blogger senior dan mengerti dengan baik dunia blog. Istimewanya lagi, dia jago nge-desain ! kemampuan yang jarang dimiliki oleh ibu-ibu. Dia adalah Mba Unna

Pemikiran sempit ini sempat membuat saya stagnan di group Rumbel Menulis. Rasanya kehadiran saya tidak membawa pengaruh apapun. Hingga saya sadar, bahwa kepengurusan ini segera berakhir dan saya tidak memiliki kontribusi apapun. Ah ! Sedih.

Belum lagi harus membagi waktu dengan kegiatan anak dan kegiatan saya. Rasanya makin kecil sekali peran saya di rumbel menulis ini.

Setelah diskusi dengan ketua sebelumnya. Saya akhirnya memutuskan untuk membuat workshop tentang blog. Harapan saya semua member rumbel menulis memiliki blog. Syukur-syukur jika mereka memiliki domain sendiri. Karena saya tau, mereka semua ibu hebat. Sayang jika dunia tidak tau kehadirannya. Dan menulis adalah salah satu tanda bahwa kita pernah hadir didunia ini.

Terimakasih, Rumbel Menulis

 Setelah selesai pertemuan siang itu. Saya langsung memberikan tantangan. Membuat rilis tentang kopdar kami hari itu. Semua wajib menulis di blog masing-masing. Menceritakan kegiatan kami hari itu. Alhamdulillah, ternyata satu persatu setoran link di group. Ah, mata saya semakin berbinar. Ternyata banyak potensi luar biasa dalam diri mereka yang siap untuk di keluarkan.

Foto bersama setelah acara usai

 Saya mencatat sudah ada 3 orang yang setor :


Membaca tulisan mereka, semangat kembali berkobar. Aah.. Kece sekali mereka ini. Member yang lainnya saya tunggu ya tulisannya. Hehehehe

Jadi gak sabar untuk workshop 3 Agustus nanti.
Semangat Buibu !!

Author Image

About Crownleye Dayveed
Soratemplates is a blogger resources site is a provider of high quality blogger template with premium looking layout and robust design

No comments:

Post a Comment