Tuesday, September 24, 2019

HSeries : Kenapa Kami Memilih Homeschooling ?

0



Assalamualaikum,

Hai emaak, di video kali ini aku mau bahas tentang "Kenapa kami memilih homeschooling"

Kenapa mau bahas soal ini?
Karena lumayan banyak juga teman-teman atau tetangga yang nanya soal homeschooling ini tiap aku posting kegiatan-kegiatan Khalid baik di rumah atopun komunitas.

Apalagi Khalid sudah 4 tahun sekarang, memang belum wajib sekolah tapi zaman sekarang umur segitu main-main doang tiap hari ga masuk PAUD ato sejenisnya jadi pertanyaan tetangga juga akhirnya.

Ok,
Jadi Khalid, Ishaaq dan adik-adeknya kelak ga bakalan masuk sekolah, at least sampai  SMA. Karena kami menjalani Homeschooling.

Terus homeschooling itu apa? Homeschoolingadalah proses belajar dari rumah dimana orangtua bertanggung jawab penuh terhadap anaknya.

Jadi homeschooling yang kami jalani tidak menyerahkan ke lembaga lain yang mengatasnamakan homeschooling tapi kami sendiri yg jadi fasilitatornya.

Tapi jangan kemudian juga membayangkan kami bakal menyulap rumah jadi seperti sekolah. Setidaknya kami, tidak bercita-cita mengadopsi seluruh kurikulum sekolah untuk dipelajari di rumah.
Fleksibel saja, apa yang ingin anak pelajari dan minati maka itu yg kami fasilitasi.

Dan soal ini antara praktisi homeschool satu dan lainnya pasti berbeda, tidak ada yg Copycat, jiplak sama persis. Karena keunggulan homeschooling disini. Fleksibilitas.

Kenapa Memilih Homeschooling ?


Sebenarnya yang pertama kali mengenalkan Homeschooling ke aku adalah suami. Jauh sebelum menikah. Waktu itu kami ngebahas soal design plan keluarga, salah satunya soal pendidikan anak. Disitulah dia bilang kalau anak-anaknya bakalan homeschooling, jadi ga bakal dimasukkan ke sekolah.

Waktu itu secara masih awam, aku ngebayanginnya, anak-anak di rumah, belajar sama aku seharian. Mampu gaaku?
Ntar anak-anak sosialisasinya gimana kalo di rumah aja?
Dan berbagai pertanyaan lainnya. Cuman seiring waktu aku mempelajari soal Homeschooling ini, dan akhirnya sepakat juga memutuskan buat menjalani Homeschooling.

Menjalani homeschoolingini ga berarti aku anti sekolah loh, jadi ga ada niat sedikitpun ngebandingin, ngebuktiin, nyaingin Homeschool dan sekolah. Aku pro pendidikan, sebagaimana program pemerintah. Wajib belajar 12 tahun. Anak-anak wajib belajar memperoleh pendidikan dan ga mesti lewat sekolah ada jalur-jalur lain yang diperbolehkan untuk itu dan untungnya di Indonesia Homeschooling legal serta diakui pemerintah.

Dan karena hal ini lah aku memutuskan buat Homeschooling anak-anak. Berkaca dari aku yang produk sekolahan, rasanya di sekolah aku ga belajar. Karena ga semua yang dipelajari di sekolah adalah hal yang aku senangi. Makanya menurut aku belajar demikian gabakal optimal. Lewat Homeschooling aku pengen anak-anak kalau dia lagi suka sama materi tertentu dia fokus aja disitu sampai bosan atau sampai mahir sekalian. Dengan begini, harapannya anak-anak bisa jadi profesional sejak dini, karena mereka punya waktu latihan yang lebih lama dan intens untuk menguasai hal yang memang mereka senangi.

Kemudian lagi anak mampu menjadi pembelajar mandiri sejak dini, karena udah terbiasa menyusun materi, proses dan progress serta target sendiri. Kami pengen belajar jadi candu sama kayak main game. Nagih ! Tidak perlu disuruh lagi pun anak belajar sendiri karena ada target yang ingin mereka selesaikan. Target yang mereka tetapkan sendiri.

Terakhir, melihat persaingan global saat ini, dimana hampir ga ada sekat lagi dengan terbukanya era informasi saat ini. Rasanya ke depan persaingan kerja juga akan semakin sulit. Menjadi generalis, rasanya bukan pilihan. Perusahaan-perusahaan nantinya ga lagi lihat ”kamu lulusan mana?” tapi “kamu bisa apa?” karenanya Anak-anak perlu tetap menjaga orisinalitas dan menjadi unik. Menjadi spesialis. Menguasai secara expert di satu bidang. Aku melihat Homeschooling membuka peluang untuk demikian dengan fleksibilitasnya.

Baiklah, demikian sharing kali ini.
Untuk yang tidak sempat membaca, ada juga video youtube.
Please, support kami untuk terus berkarya. Biar semangat. Dengan subscribe, like dan share. Hahahaha

Semoga bermanfaat.
Dengan senang hati untuk diajak berdiskusi melalui komen dibawah.

Wassalam,

Ibuk,
Author Image

About Crownleye Dayveed
Soratemplates is a blogger resources site is a provider of high quality blogger template with premium looking layout and robust design

No comments:

Post a Comment