Saturday, December 7, 2019

5 Pilihan Karier untuk Lulusan Ilmu Politik, Mana yang Paling Menarik?

0




Banyak tokoh-tokoh muda dalam dunia politik bermunculan sejak pemilu 2019 dilaksanakan. Muda dan berprestasi membuat ilmu politik semakin di gandrungi oleh para pemuda. Menjadi sarjana lulusan politik bukan lagi hal tabu di zaman modern ini. Sampai saat ini memang masih banyak orang bertanya-tanya tentang setidaknya  5 pilihan karier untuk lulusan ilmu politik. Padahal, sebenarnya banyak sekali pilihan karier yang bisa ditekuni oleh para lulusan ilmu politik karena cakupan ilmunya sangat luas. Kalau hanya menjawab soal 5 pilihan karier untuk lulusan ilmu politik, beberapa bidang pekerjaan ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Sebelum mencari tahu jenis pekerjaan lainnya, mari simak dulu ulasan tentang 5 pilihan karier untuk lulusan ilmu politik berikut ini.

1. Aparatur Sipil Negara (ASN)
Bekerja sebagai ASN bukanlah sesuatu yang dianggap ketinggalan zaman. Justru saat ini masih banyak generasi muda yang berminat menjadi ASN karena jenjang karier yang jelas, pekerjaan yang tidak terlalu menyita waktu, serta jaminan pensiun yang memadai. Kalau kamu memiliki latar belakang ilmu politik, kamu cocok menjadi bagian dari ASN. Ilmu dari jurusan kuliah tersebut dapat diaplikasikan pada semua instansi pemerintahan. Peluang peningkatan jenjang karier juga akan terbuka lebar kalau kamu melanjutkan pendidikan S2. Kalau prestasimu menojol, bukan mustahil bila nantinya kamu berpeluang menjadi anggota legislatif, petinggi BUMN, bahkan menteri. Jadi, kira-kira bidang pekerjaan ASN mana yang paling menarik minatmu?

2. Pengamat Politik
Ilmu politik yang kamu miliki juga dapat diaplikasikan secara maksimal bila kamu bekerja sebagai pengamat politik. Di antara 5 pilihan karier untuk lulusan ilmu politik, pekerjaan yang satu ini memang paling sarat ilmu politik meskipun tidak langsung berkaitan dengan instansi pemerintahan. Seorang pengamat politik harus mampu mengamati situasi dari segi netral sehingga tidak terkesan tendensius terhadap pihak mana pun. Jadi, netralitas tersebut akan membuatmu menjadi seorang pengamat politik yang berintegritas dan mampu memperkirakan peta politik secara akurat. Wah, bahasanya berat dan serius banget, ya.

3. Staf Hubungan Masyarakat (Humas)

Bekerja sebagai staf humas juga erat kaitannya dengan ilmu politik. Kamu bisa mengaplikasikan ilmu politik yang kamu pelajari untuk berkomunikasi dengan banyak orang serta menyusun strategi untuk menguraikan masalah komunikasi tersebut. Seorang staf humas harus bisa diandalkan untuk menjalin hubungan baik dengan masyarakat. Sehingga nantinya kamu mampu menyampaikan maksud perusahaan secara efektif. Pencapaian tujuan perusahaan tak akan sulit jika kamu dapat menegosiasikannya dengan cara yang tepat. Itulah sebabnya perusahaan-perusahaan besar tak segan membayar mahal demi mempekerjakan staf humas yang benar-benar kompeten di bidangnya.

4. Dosen Ilmu Politik
Kalau kamu punya passion besar di bidang mengajar, tentu kamu cocok menjadi dosen ilmu politik di universitas. Jangan sia-siakan gelar S1-mu, kembalilah ke bangku kuliah untuk menyelesaikan jenjang pendidikan yang lebih tinggi sebagai salah satu syarat menjadi dosen. Kamu tak hanya bisa mengajar di satu universitas saja. Justru kamu bebas menjadi dosen part time dan mengajar di beberapa universitas untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar. Agar bisa menjadi dosen ilmu politik, jurusan S1 dan S2-mu harus linier, yaitu sama-sama jurusan ilmu politik. Jadilah dosen politik yang memberikan support penuh kepada para mahasiswa untuk terjun ke dunia politik melalui cara yang sehat.

5. Staf Badan Intelijen Negara
Intuisi dan strategi politik yang canggih merupakan salah satu kunci kesuksesanmu bila ingin menjadi staf badan intelijen negara. Karena kemungkinan besar kamu akan menghadapi berbagai kasus yang sulit diselesaikan. Analisis kepemimpinan, pola pergerakan politik, dan pandangan masyarakat merupakan elemen penting yang harus dikuasai badan intelijen negara. Seiring dengan bertambahnya pengalaman kerjamu, kemampuanmu melakukan analisis politik pun akan semakin meningkat dan mempermudah pekerjaanmu. Jenjang kariermu pun berpotensi meingkat jika kamu menekuni pilihan karier ini secara konsisten.

Di antara 5 pilihan karier untuk lulusan ilmu politik tersebut, manakah yang paling sesuai dengan passion-mu?

Selain lima pilihan tersebut, sebenarnya masih banyak bidang karier lainnya yang bisa kamu pilih sesuai minat. Manfaatkan ilmu politik yang kamu miliki untuk meraih jenjang karier cemerlang sekaligus memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. https://www.cekaja.com/info/deretan-pekerjaan-jurusan-ilmu-politik-dengan-gaji-diatas-rp-3-juta/

 Jadi apakah minat, memasukkan putera-puterinya di jurusan ilmu politik ?
Yuk, Sharing mak !

Author Image

About Crownleye Dayveed
Soratemplates is a blogger resources site is a provider of high quality blogger template with premium looking layout and robust design

No comments:

Post a Comment