Wednesday, May 22, 2019

Suplemen Zat Besi, Perlu Ga Sih ?

0


Pada postingan kali ini saya ingin membahas lebih detail Energy Gap dan Iron Gap yang sudah pernah saya bahas di postingan sebelumnya yaitu : Cerita MPASI Anak Kedua, Bubur Instan di Sembur

Energy Gap

Energi Gap artinya selisih kebutuhan energi yang dihasilkan oleh bayi dengan energi yang dihasilkan oleh ASI untuk bayi. Misalnya bayi butuh 650 kilo kalori (kcal) setiap hari sedangkan yang didapat dari ASI hanya 400kcal, maka selisih 250kcal itu didapat dengan MPASI. Kebutuhan energi inilah alasan bayi butuh MPASI. Karena ASI sudah tidak mampu mensupport kebutuhan energinya. perhatikan tabel berikut :

Energy Gap antara kebutuhan bayi dengan ASI
Lalu apa dampaknya jika MPASI tidak memenuhi standar energi anak ? Maka cadangan lemak yang ada di badan bayi akan digunakan untuk menjadi energi. Inilah salah satu alasan mengapa BB anak seret.

Pentingnya MPASI dengan menu 4 kuadran atau 4 bintang bisa memenuhi energy gap yang dibutuhkan bayi. Jadi jangan sampai ya, Mak kita salah memberikan MPASI kepada anak. Sudah capek-capek bikin, eh ternyata asupan nutrisinya tidak lengkap. Kan sheyeengg ! hahaha


Iron Gap

Iron Gap sama hal dengan energi gap. Namun kebutuhannya sangat jauh berbeda. Jika energy gap bisa dipenuhi hampir setengah dari ASI, lain hal dengan iron gap. Kebutuhan zat besi anak tinggi dan tidak bisa di topang ASI sejak anak berusia 5 bulan. Inilah alasan mengapa dokter anak meresepkan suplemen zat besi pada bayi usia 5 bulan hingga 2th.

Saat konsultasi dengan dokter anak, dr Yuri mengatakan "Zat besi berperan penting dalam pertumbuhan anak. Karena tugasnya membawa oksigen ke otak yang berpengaruh pada kecerdasan anak" Jika diuraikan, maka kekurangan zat besi bisa menyebabkan :

  1. Sel tubuh kekurangan oksigen
  2. Tubuh menjadi lemah, lelah,  dan gampang terkena penyakit
  3. Kesulitan kosentrasi
  4. Perkembangan kepintaran otak bayi terhambat


Seberapa banyak sih kebutuhan zat besi bayi ? berdasarkan website IDAI, rata-rata anak butuh 11mg/hari. Atau mudahnya bisa juga di hitung : kebutuhan zat besi bayi adalah 1-2m/kgbb. Untuk bayi 6 bln dengan bb 8kg : butuh 8-16mg. Sedangkan 100gr daging sapi memiliki 3.5mg zat besi. Jadi jika ingin memenuhi kebutuhan zat besi 8mg berarti anak butuh mengkonsumsi daging sekitar 200gr lebih. Itu batas minimal. Sedangkan memberi makan anak itu bukan hal yang mudah. 200gr daging itu banyak bagi bayi. Makanya dibutuhkan suplemen zat besi untuk mencukupi kebutuhan zat besinya. Lalu bagaimana dengan sayuran seperti Bayam ? Kandungan zat besi pada sayuran seperti Bayam lebih sedikit lagi. Semakin sedikit kandungannya, artinya makin besar porsi yang harus dimakan anak. 

(Special Thanks kepada dr Sovina yang mau mengajari saya menghitung kebutuhn zat besi adek Ishaaq)

Perhatikan Tabel berikut : 
zat besi
Iron Gap antara  ASI dan kebutuhan Zat besi anak
Jadi gimana, Mak ? Sudah paham belum pentingnya MPASI 4 bintang dan suplemen zat besi ?
Ternyata kalau kita mau usaha sedikit saja, informasi tentang zat besi dan MPASI ini bisa kita dapat dari HP kita. 

Sumber :
2. IDAI
3. dr Sovina 
4. dr Yuri SpA
5. dr Meta SpA


Salam semangat membara dari saya, 


Author Image

About Crownleye Dayveed
Soratemplates is a blogger resources site is a provider of high quality blogger template with premium looking layout and robust design

No comments:

Post a Comment